banner ads banner ads banner ads banner ads

Minggu, 06 Mei 2012

Ibu Hamil Penting Menjaga Kesehatan Mulut

Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita paling rentan terserang penyakit.  Dan, kebanyakan wanita hamil cenderung mengabaikan kesehatan mulut mereka, padahal kesehatan gigi dan mulut bisa mempengaruhi kesehatan janin.

Seperti dikutip laman Times of India, sebuah penelitian mengungkap bahwa ada hubungan antara kesehatan mulut ibu hamil dengan kesehatan janin. Bahkan, ibu hamil yang memiliki penyakit periodontal, tujuh kali lebih mungkin memiliki bayi prematur.

Dr D Gopalakrishnan menginformasikan, "Gingivitis (radang gusi) selama kehamilan merupakan komplikasi oral yang mempengaruhi banyak ibu hamil. Perdarahan, bengkak, merah atau tender gusi dan bahkan bau mulut adalah beberapa gejala radang gusi pada masa kehamilan".

Bahkan katanya, delapan puluh persen ibu hamil, rata-rata mengeluh mengalami komplikasi mulut. Dan ketika masalah tersebut tak langsung diobati, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan fatal.

"Penyakit periodontal memiliki dampak negatif pada gigi dan gusi bayi. Kondisi ini harus dihindari dan semua masalah harus ditangani segera untuk menghindari komplikasi," ujar Gopalakrishnan lagi.

Penting pula bagi wanita hamil untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Bahkan akan lebih baik, wanita yang hendak menjalani rencana program kehamilan, juga rutin memeriksakan kesehatan giginya ke dokter. 

Dr Radhika Raman menambahkan, "Untuk mulai hidup sehat, wanita harus rajin menyikat giginya dengan bulu sikat yang lembut. Berkumur dengan obat kumur antibakteri juga dianjurkan. Namun perlu dikonsultasikan juga pada dokter sebelum memutuskan menggunakan obat kumur".

Dengan kebersihan mulut yang terjaga, ditambah dengan diet kaya serat, mineral dan vitamin, wanita dapat memastikan kesehatan yang baik selama kehamilan.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar