banner ads banner ads banner ads banner ads

Senin, 18 Juni 2012

Tahukah Kamu Menonton TV Terlalu Dekat Tidak Berbahaya Bagi Penglihatan

Tahukah kamu, bahwa bertentangan dengan apa yang dipercayai banyak orang, duduk terlalu dekat dengan TV sebenarnya tidak akan merusak penglihatan anda. Lalu, mengapa hampir setiap orang tua di seluruh dunia akan melarang anak-anak mereka untuk menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat? Dan ternyata, mitos ini sebenarnya berawal dari sebuah TV yang benar-benar dapat merusak penglihatan anda ketika anda duduk terlalu dekat dengan TV tersebut.

TV tersebut adalah TV yang dikeluarkan oleh General Electric pada tahun 1960-an. Secara khusus, pada tahun 1967, General Electric menginformasikan kepada publik bahwa banyak televisi berwarna keluaran mereka yang memancarkan sinar X dalam jumlah berlebih karena adanya kesalahan produksi. General Electric akhirnya berhasil menemukan solusi untuk masalah ini dengan menempatkan perisai kaca bertimbal di sekitar tabung televisi. Petugas kesehatan pada saat itu memperkirakan bahwa jumlah radiasi yang dilepaskan oleh TV yang cacat ini adalah sekitar 10 sampai 100.000 kali lebih tinggi dari jumlah maksimal yang dapat kita terima. Mereka lalu merekomendasikan, jika anda memiliki salah satu jenis TV tersebut, untuk tidak duduk terlalu dekat dengan TV.

Selama anda berjarak beberapa meter dan tidak menonton TV selama lebih dari satu jam, anda tidak akan mendapatkan masalah apa pun. General Electric tentu saja telah menarik semua TV cacat tersebut dan memperbaiki apa yang menjadi masalah, sehingga masalah pun telah selesai. Namun, para orang tua di seluruh dunia sejak saat itu merasa bahwa tidak baik adanya bagi anak-anak mereka untuk duduk terlalu dekat dengan TV, meskipun sejak saat itu sudah tidak ada lagi radiasi yang dipancarkan oleh TV. Dampak paling buruk dari menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat pada masa kini mungkin hanya akan memberi anda sakit kepala ringan dan kelelahan mata, bahkan bagi kebanyakan orang, hal itu tidak terjadi sama sekali, dan juga tidak satu pun dari masalah ini yang akan merusak secara permanen. Kedua masalah tersebut dapat membaik dengan sendirinya segera setelah anda berhenti duduk begitu dekat dengan TV. Tips untuk menghindari kelelahan mata ketika menonton TV:
  1. Hindari menatap layar TV dengan kepala mendongak ke atas atau miring, seperti ketika anak-anak menonton TV dengan berbaring di lantai, hal ini akan menyebabkan kelelahan mata lebih sering dari jika anda menatap TV dengan lurus atau ke bawah. Hal yang sama juga berlaku untuk monitor komputer.
  2. Menonton TV atau melihat layar komputer dimana tingkat cahaya layar sangat berbeda dari tingkat cahaya dari lingkungan sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini, sesuaikan tingkat cahaya layar TV atau komputer anda untuk mengurangi kelelahan mata.
  3. Perlu diingat bahwa kelelahan mata bukanlah masalah yang serius. Cara "mengobatinya" adalah hanya dengan memberikan waktu bagi mata anda untuk beristirahat dari berfokus pada hal tertentu untuk waktu yang lama. Jadi, luangkan waktu anda sejenak untuk berpaling dari layar TV atau komputer anda untuk mencegah kelelahan mata.
sumber

0 komentar:

Posting Komentar