banner ads banner ads banner ads banner ads

Minggu, 22 Juli 2012

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Kita telah memasuki bulan puasa. Bagi teman yang muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Sebenarnya banyak sekali hikmah dan manfaat dari berpuasa terutama bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya secara jasmani?

Semua organ pada tubuh kita senantiasa digunakan bisa dikatakan organ-organ tubuh tersebut tidak berehat selama 24 jam. Dengan berpuasa selama sebulan penuh organ kita dapat beristirahat kurang lebih 12 jam setiap harinya.

Melindungi tubuh dari penyakit gula. Kadar gula darah cenderung turun saat seseorang berpuasa. Hal ini memberi kesempatan pada kelenjar pankreas untuk istirahat. Seperti kita ketahui fungsi kelenjar ini adalah menghasilkan hormon insulin.

Dengan berpuasa juga dapat membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Saat puasa seluruh cadangan makanan yang ada di tubuh dibakar.

Puasa  juga dapat mengurangi berat badan berlebih. Puasa dapat menghilangkan lemak dan kegemukan secara ilmiah diketahui bahwa lapar tidak disebabkan oleh kekosongan perut. Tetapi juga disebabkan oleh penurunan kadar gula dalam darah.

Fungsi puasa lainnya ialah meremajakan sel-sel tubuh. Hati lambung dan organ vital istirahat pada saat puasa sehingga terjadi regenerasi dari organ dalam dan sel-sel memiliki kesempatan memperbaiki diri (peremajaan sel).

Banyak lagi manfaat puasa lainnya bagi kesehatan. Bagi teman yang menjalankannya Selamat menyambut bulan Ramadhan.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar