banner ads banner ads banner ads banner ads

Minggu, 22 Juli 2012

Tips Tetap Fit Selama Puasa

Selamat Datang Ramadhan..! Puasa telah dimulai. Mungkin ada sebagian dari Teman yang agak sedikit merasa mengantuk karena bangun sahur dini hari tadi. Maklum awal-awal puasa… Bagi Teman yang berpuasa harus menjaga kondisi tubuh agar tetap Fit agar segala urusan tidak berantakan. Ada beberapa kiat-kiat khusus untuk tetap Fit selama berpuasa.

1. Sahur dengan menu bernutrisi
Santap sahur pada dasarnya merupakan pengganti sarapan. Karena itu jangan dilewatkan apalagi tidak ada makanan dan cairan yang masuk ke dalam tubuh sepanjang hari. Oleh karena itu menu sahur harus memiliki  nutrisi juga cairan yang cukup. Menu bernutrisi bisa berupa sumber karbohidrat (nasi kentang atau mie) dengan tambahan protein nabati (tempe tahu kacang-kacangan) protein hewani (daging unggas ikan) serta sayuran dan buah-buahan segar. Jangan lupa karena sahur dilakukan dini hari sebaiknya makan dengan makanan dan minuman yang hangat dan segar termasuk perbanyak minum air putih.

2. Akhirkan sahur & segerakan berbuka
Artinya mengerjakan makan sahur beberapa saat (sekitar 10 menit sampai seperempat jam) sebelum adzan Subuh dikumandangkan dan sesegera mungkin membatalkan puasa jika  adzan Maghrib telah berkumandang. Hal itu sesuai dengan hadist nabi. Logikanya puasa kita tidak berlangsung begitu lama.

3. Berbuka dengan yang manis & hangat
Usahakan untuk berbuka puasa dengan pertama kali meminum minuman yang hangat & manis. Minuman yang dingin akan mengejutkan alat pencernaan karena mengakibatkan produksi asam lambung meningkat.

4. Bila perlu konsumsilah vitamin yang diperlukan tubuh seperti vitamin A B1 B6 B12 dan C. Dengan begitu dapat meningkatkan daya tubuh agar tetap fit.
 

0 komentar:

Posting Komentar