banner ads banner ads banner ads banner ads

Sabtu, 10 Maret 2012

Kenapa Bisa Pusing (Sakit Kepala)

Kenapa Kepala Sering Pusing...??? Salah satu penyakit yang dianggap ringan namun sangat mengganggu aktivitas seseorang yaitu Kepala Pusing. Kepala pusing atau terasa seperti kliyengan sering dialami banyak orang. Kenapa Kepala Sering Mengalami Pusing? Sebenarnya apa penyebab kepala pusing/kliyengan? Untuk mengetahui jawabannya, silakan Anda pelajari baik-baik alasan kenapa kelapa Anda sering pusing dibawah ini :
Kliyengan atau pusing sering digunakan untuk menjelaskan suatu perasaan seperti ingin pingsan atau merasa lemah dan goyah. Arti dari kliyengan sendiri adalah pusing, pening, sakit kepala.
Berbeda dengan pusing yang membuat seseorang berpikir bahwa lingkungannya berputar atau bergerak maka itu disebut dengan vertigo.
Keluhan ini menjadi alasan yang paling umum bagi seseorang untuk mengunjungi dokter karena bisa jadi merupakan gejala dari kondisi serius. Pengobatan yang diberikan tergantung pada penyebabnya.
Beberapa hal bisa menyebabkan seseorang merasa klinyengan seperti dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (20/4/2011) yaitu:
Merasa kliyengan seperti ingin pingsan (Presyncope)
Presyncope adalah istilah medis untuk kondisi merasa pingsan dan pusing tapi tanpa kehilangan kesadaran. Kadang kondisi ini diikuti dengan mual, kulit pucat dan gejala lain yang berkaitan dengan pingsan.
Penyebab Kepala Sering Pusing meliputi:
  1. Tekanan darah yang rendah (hipotensi ortostatik), kondisi ini terjadi karena adanya penurunan drastis tekanan darah sistolik (angka atas dalam membaca tekanan darah). Hal ini dapat terjadi jika seseorang duduk atau berdiri terlalu cepat dan juga pada orang yang diketahui memiliki penyakit tekanan darah rendah.
  2. Kurangnya asupan darah yang keluar dari jantung, kondisi ini seperti salah satu penyakit otot jantung (cardiomyopathy), irama jantung abnormal (aritmia) atau penurunan volume darah yang membuat alirannya dari jantung tidak memadai.
Kehilangan keseimbangan (disequilibrum)
Kondisi ini adalah hilangnya keseimbangan atau perasaan goyang saat berjalan.
Kemungkinan penyebabnya termasuk:
  1. Masalah pada bagian dalam telinga atau inner ear (vestibular), kelainan pada bagian dalam telinga bisa membuat seseorang merasa goyang saat berjalan terutama dalam gelap.
  2. Gangguan sensori, kegagalan dalam penglihatan dan kerusakan saraf di kaki bisa mengakibatkan seseorang sulit menjaga keseimbangan yang membuatnya merasa kliyengan.
  3. Kondisi neurologis, berbagai gangguan
  1. saraf bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan
Penyebab kliyengan lainnya.
Beberapa penyebab lainnya juga bisa membuat seseorang merasa kliyengan atau kepala pusing sambil berasa goyang. Beberapa penyebab lain adalah:
  1. Obat-obatan, beberapa pengobatan diketahui bisa menimbulkan perasaan pening atau kliyengan dan akan hilang jika berhenti mengonsumsinya. Obat penurun tekanan darah juga bisa menyebabkan kliyengan jika tekanan darah yang diturunkan terlalu banyak.
  2. Gangguan kecemasan seperti serangan panik, merasa sangat grogi atau mengalami fobia tertentu bisa menyebabkan orang merasa pusing atau kliyengan.
Pereda Kepala Pusing 

Untuk cara tradisional menghilangkan pusing kepala, buatlah segelas air teh yang kental sekali, kemudian tambahkan air perasan dari setengah buah jeruk nipis, tambahkan sedikit garam dapur. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari, mudah-mudahan rasa pusing anda akan hilang. Selain menggunakan ramuan tersebut, ada cara alami lainnya yang lebih sederhana: sering-seringlah mengkonsumsi 1-2 siung bawang putih setiap hari secara secara teratur, baik dimakan langsung ataupun dalam bentuk lalapan lainnya seperti sambal. Selain dapat dapat mengobati rasa pusing, bawang putih juga dipercaya dapat mengurangi resiko terkena kanker. Cara tradisional lainnya selain melalui oral, anda dapat melakukan dengan media akupunktur ataupun pijat refleksi/tradisional lainnya.

Untuk cara modern, anda dapat langsung mengkonsumsi obat-obatan baik yang dibeli secara langsung/eceran ataupun yang harus menggunakan resep dokter. Tetapi harus diingat, sekalipun dapat meredakan rasa sakit secara cepat, harus dipertimbangkan pula efek samping untuk penggunaan obat modern/kimiawi dalam jangka pendek/panjangnya.

Sugesti. Mulailah dengan menyatakan bahwa diri anda tidak merasa pusing. Buatlah agar otak dan tubuh anda isitrahat sejenak (dapat dilakukan melalui meditasi) untuk melupakan apa yang menyebabkan pusing atau bahkan melupakan rasa pusing tersebut. Bila perlu, buatlah agar keadaan atau orang-orang di sekitar anda untuk mendukung usaha yang sedang anda lakukan.Tersenyum. Lakukanlah apa yang menurut anda dapat menghilangkan rasa pusing tersebut, baik itu berupa jalan-jalan, makan, main game, belanja, ngerumpi, tersenyum, tertawa, membuat blog atau apapun itu asal jangan sampai merugikan orang lain. Jangan sampai anda memarahi staf habis-habisan agar anda bebas dari pusing. Sebab begitu anda bebas dari rasa pusing, staf anda yang akan pusing lalu dia akan bekerja setengah hati dan hasilnya: tidak lama lagi anda akan pusing kembali. :) 

dari berbagai sumber
Untuk meredakannya seringkali kita mengonsumsi obat sakit kepala. Padahal, sakit kepala bisa diredakan dengan cara alami. Maka itu, jangan langsung mengonsumsi obat sakit kepala, lebih baik atasi dengan cara berikut, seperti dikutip dari Times of India. - Minum air putih. Sakit kepala seringkali dipicu karena dehidrasi. Saat Anda kepanasan dan kehilangan banyak cairan disertai rasa sakit kepala, segera konsumsi air putih. Duduklah sebentar, kemudian minum air putih secara perlahan. Jangan lakukan banyak gerakan sampai sakit kepala hilang. - Menjauh dari komputer. Radiasi komputer juga bisa menimbulkan rasa sakit di kepala. Hal tersebut biasanya terjadi pada Anda yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Cobalah matikan monitor, lalu pergilah ke luar ruangan untuk mencari udara segar. Tarik nafas perlahan, sambil pejamkan mata. Memejamkan mata adalah cara efektif untuk meredakan ketegangan otot mata yang menimbulkan rasa sakit kepala. - Seduh secangkir teh hitam. Tambahkan perasan air lemon. Saat masih hangat, minum perlahan. Ini berguna untuk meredakan sakit kepala Anda segera. - Coba mengonsumsi sup panas. Setelah itu, cobalah tidur dalam suasana tenang atau temaram. - Berendam di air hangat juga bisa menyembuhkan sakit kepala Anda. - Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menekan secara perlahan batang hidung Anda. Dan, lakukan juga pijatan pada pelipis secara bergantian. Tapi ingat, jangan tekan terlalu keras. - Kompres kepala. Ambillah kain lembut atau handuk kecil, lalu basahi dengan air bersuhu dingin. Lalu, tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Cara tersebut bisa mengurangi rasa sakit karena membuat efek relaksasi. - Meditasi. Saat muncul sakit kepala cobalah untuk bermeditasi. Pejamkan mata, tarik napas dan tahan selama lima detik kemudian buang secara perlahan. Fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi ketegangan otot pemicu sakit kepala, akibat tekanan psikologis.

Read more at: http://www.ruanghati.com/2010/07/30/ternyata-sakit-kepala-pusing-bisa-diredakan-tanpa-obat-ini-tipsnya/

0 komentar:

Posting Komentar