banner ads banner ads banner ads banner ads

Minggu, 11 Maret 2012

Sejarah Handphone

Sejarah handphone pertama kali di dunia ternyata tidak banyak orang yang tahu, padahal hampir setiap hari mereka menggunakan handphone dan bahkan pada sekarang ini hampir setiap orang memiliki handphone. Handphone pertama kali di dunia ditemukan oleh Martin Cooper, salah seorang karyawan Motorola pada 03 April 1973. Akan tetapi banyak pula yang memperdebatkan siapakah penemu handphone pertama kali di dunia, apakah Motorola ataukah si Martin Cooper.
Ada banyak istilah yang digunakan untuk penyebutan handphone, dimulai dari telepon genggam, ponsel, dan hp. Suatu perangkat baru dikatakan layak disebut sebagai handphone apabila mempunyai kemampuan komunikasi secara portable, dengan menggunakan jaringan nirkabel atau wireless. Dan oleh karena itu, handphone buatan Martin Cooper sangatlah layak dikatakan sebagai handphone pertama kali di dunia apabila kita mengetahui dengan jelas tentang perangkat mobile tersebut.

Handphone pertama kali yang ditemukan oleh Martin Cooper tersebut adalah DynaTAC 8000. DynaTAC merupakan model handphone pertama kali yang dikeluarkan oleh Motorola pada 1983. Handphone pertama kali didunia tersebut mempunyai berat total 2 Kg, dan Motorola membutuhkan biaya sebesar US$1,000,000 untuk memproduksi DynaTAC pada tahun 1983. Harga jual DynaTAC pada masa itu adalah US$4,000 atau setara 36 Juta Rupiah. Silahkan kalian bandingkan dengan harga jual handphone pada masa sekarang ini, yang murahnya gila-gilaan.
Handphone pertama kali di dunia tersebut hanya bisa dijalankan pada saluran GSM 900, dan bahkan selain dilengkapi dengan tombol nomor standar, handphone pertama kali di dunia tersebut juga dilengkapi dengan tombol sebagai berikut:
  • Rcl (Recall)
  • Clr (Clear)
  • Snd (Send)
  • Sto (Store)
  • Fcn (Function)
  • End
  • Pwr (Power)
  • Lock
  • Vol (Volume)
Coba bayangkan hanya dengan sejumlah tombol diatas, handphone pertama kali di dunia tersebut mempunyai ukuran panjang 25 cm, sebuah ukuran yang terlalu besar untuk dimasukkan di saku celana.
Ada perdebatan yang lainnya tentang siapakah yang layak disebut sebagai penemu handphone pertama kali didunia, karena Bell Labs yang merupakan penemu teknologi telepon selular pertama kali di dunia pada 1947, yang kemudian teknologi handphone tersebut dikembangkan oleh tim riset Motorola pada 1960an. Entah siapa yang berhak dikatakan sebagai penemu handphone pertama kali di dunia, apakah Martin Cooper, Motorola, ataukah Bell Labs.
Dan sebagai informasi saja, salah seorang yang bisa dikatakan sangat berjasa untuk penemuan teknologi handphone pertama kali di dunia tersebut adalah Amos Edward Joel, Jr., seorang pakar dalam bidang switching yang bekerja di Bell Labs sejak tahun 1940 hingga 1983.
Hanpdhone pertama kali didunia tersebut mempunyai daya hidup selama 60 Menit apabila digunakan untuk calling secara penuh dan membutuhkan waktu selama 10 jam untuk proses charging. Yah, DynaTAC 8000x kini juga menjadi buruan para kolektor dan entah berapa harga jugal DynaTAC 8000x pada sekarang ini, karena handphone pertama kali didunia tersebut merupakan sejarah awal Handphone yang dijual secara komersil oleh Motorola pada 1983.


sumber

1 komentar:

  • StefaniLimZ says:
    27 Maret 2018 pukul 01.31

    Kini hadir Permainan baru di Pianopoker.net ^_^
    Bandar66
    Bandar66 merupakan game terbaru yang paling diminati saat ini , buruan login dan rasakan permainan baru yang fantastis yaitu Bandar66 hanya di Pianopoker.net

    Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Mudah Hanya Di Pianopoker.net
    Real Website, Real Player Vs Player, Real Winner
    Buktikan Sekarang Juga Bersana kami hanya di PianoPoker

    Raih Bonus Extra Jumbo :
    - Bonus Extra Jumbo Rollingan ( dibagikan setiap 5 hari sekali )
    - Bonus Refferal Seumur Hidup

    CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
    Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
    Kartu Bagus (Easy To Winn)
    Support 5 Bank Local :
    - BCA
    - MANDIRI
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON

    Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20Rb
    Jangan Mikir Lagi Bos !!
    Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
    Jangan Sia-Siakan Kesempatan Yang Ada bos !!
    Ingat Bahwa Kemenangan Bergantung Kepada Pilihan Anda.
    Jangan Sampai Salah Pilih Situs , Untuk Jadi Jutawan Pianopoker.net Solusimya !!
    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kontak kami :
    BBM : DCB59F18
    WA : +855968238303
    LINE : piano.poker
    IG : pianopoker99
    Link : PianoPoker.Net

    Join Sekarang Juga !! Kami Tunggu Kehadirannya Para Calon Jutawan ^_^

Posting Komentar