banner ads banner ads banner ads banner ads

Sabtu, 30 Juni 2012

Si Perawan Antrukan Pawon Nan Berdaya Magis

Antarukan Pawon, sebuah air terjun di Lumajang, Jawa Timur, yang sangat indah dan eksotis. Antrukan Pawon juga sangat kental dengan nuansa mitos magisnya.

Air Terjun Antrukan Pawon tergolong masih alami dan perawan. Destinasi wisata alam ini terletak di Desa Kertowono, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Antrukan Pawon, wisatawan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki.

Air Terjun Antrukan Pawon memiliki ketinggian 30 meter. Saat sampai di bagian atas air terjun, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Air terjun yang mengalir dari sumber mata air hutan Kertowono turun menembus goa besar yang berdiameter enam meter.

Untuk bisa mencapai kolam air serta menikmati eksotika pemadangan air terjun dari bawah, wisatawan harus menuruni tebing dan melewati jalan bawah tanah sepanjang 15 meter. Selain memiliki eksotika pemandangan yang indah, Air Terjun Antrukan Pawon  juga memiliki sejumlah cerita yang kental dengan nuansa magis, seperti terdegarnya suara gamelan.

"Air Terjun Antrukan Pawon memiliki keunikan tersendiri, dimana air terjun ini antrukannya berada di dalam goa yang menyerupai pawon (dapur tempat memasak-red). Setiap percikan air terjun ini diyakini dapat membantu penyembuhan penyakit," kata Edi Purwanto, warga Desa Kertowono di Lumajang, Jawa Timur.

Tak jauh dari Air Terjun Antrukan Pawon hanya berjarak satu kilometer juga terdapat Air Terjun Semingkir, yang memiliki keindahan alam sangat alami.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar