banner ads banner ads banner ads banner ads

Rabu, 21 Maret 2012

Fokus Tata 3G, Kominfo Belum Atur Soal LTE

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan kembali akan fokus menyelesaikan penataan kanal 3G. Prioritas ini berarti menunda lelang Broadband Wireless Access (BWA) dengan 2,3 GHz dan kanal 4G Long Term Evolution (LTE).

"BWA kami undur, sampai waktu yang belum ditentukan. Kemungkinan akhir tahun ini atau awal tahun depan," kata Kepala Hubungan Masyarakat Kementerian Kominfo RI, Gatot S. Dewa Broto, di Kantornya, Jakarta, Selasa 20 Maret 2012.

Sedianya, lelang BWA dalam beberapa waktu lalu diputuskan akan dilakukan pada Agustus tahun ini. Kanal 4G pun juga dipastikan tidak akan dilakukan pada tahun ini, mengingat pemerintah masih fokus pada penataan 3G.

Padahal, saat ini ada operator yang dalam tahap uji coba jaringan LTE. Namun, kesiapan ini masih menunggu kepastian regulasi yang mengatur mengenai teknologi LTE tersebut.

"Boleh-boleh saja operator ujicoba LTE, tapi kita belum buat peraturannya," ujarnya.

Ia juga menambahkan, untuk frekuensi, para operator biasa menunggu keputusan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Untuk penataan 3G, ia mengatakan pengumuman paling lambat disampaikan pada akhir kuartal I ini, yakni antara April sampai Mei 2012. Pengalaman penataan kanal pada tahun 2006, butuh waktu 1 bulan lebih sepekan untuk pengumuman pendaftar, penjelasan teknis, pembukaan dan penawaran dokumen.

"Jadi kami selesaikan satu-satu dulu. Kanalnya kan berbeda-beda, biar optimal," ujarnya.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar