banner ads banner ads banner ads banner ads

Rabu, 14 Maret 2012

Foto 3 Menteri Bareng Caddy Kontekstual, Tapi Tak Etis

Ahli Komunikasi Dedy Mulyana menilai, tidak ada yang salah dengan foto tiga menteri bersama para caddy golf, yang belakangan mendapat kritik tajam dari beberapa politikus di DPR.

Dari segi komunikasi, menurut Dedy, tindakan Menteri ESDM Jero Wacik, Menakertrans Muhaimin Iskandar, dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini tersebut sudah sesuai dengan konteks acaranya.

“Saya rasa selama itu tidak ada informasi lain yang negatif, nyeleneh, saya kira tidak apa-apa, oke-oke saja," katanya, Selasa (13/3/2012) malam.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung ini mengatakan pesan komunikasi visual dalam foto tersebut sudah sesuai konteks. Pasalnya foto tersebut dalam sebuah acara golf.

"Tapi bisa jadi itu dengan artian para menteri memang hobinya begitu (main golf), bisa jadi itu dilakukan untuk bersantai, just for fun,” tambahnya.

Meski demikian, dari segi etika, Dedy setuju tindakan menteri berfoto bersama gadis-gadis berrok mini itu kurang pantas. Pasalnya, hal itu justru terjadi di tengah-tengah rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak.

“Kita tahu sendiri, BBM mau naik, SBY juga kurang kredibel, politik juga lagi gonjang-ganjing, enggak seharusnya seperti itu, secara esensial memang kurang etis,” katanya.

Foto tiga menteri tengah bersama sepuluh caddy golf berrok mini terpampang di halaman depan Harian Rakyat Merdeka, Senin (12/3/2012). Foto tersebut diambil pada minggu (11/3/2012) di Lapangan Golf Halimperdanakusuma.

Foto tersebut diambil terkait turnamen golf untuk keselamatan kerja. Ada 196 eksekutif perusahaan yang ikut dalam acara golf yang digelar Kemenakertrans tersebut.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar