banner ads banner ads banner ads banner ads

Kamis, 15 Maret 2012

Dijamin Ngakak : Salep Super Ribet

Sepulang sekolah SMP dulu habis MOS (Masa Orientasi Siswa) di sekolah, aku ngerasa ni badan pegel semua ... saat itu kira-kira pukul 5 sore aku baru pulang jalan kaki dari halte bus sampe rumah.
Sesampainya di rumah, aku disambut Ayah dan Bunda .. so sweet banget dahh.. tumben-tumben disambut sampe kaya’ gitu... mungkin kar’na mereka baru ngrasa punya anak yang udah masuk SMP kalee ya, jadi rasanya so unyu gitu deh...hehe
Aku diistirahatkan di sebuah kursi halaman rumah, sama bunda aku, habis itu si ayah pergi ke warung sebelah rumah buat beli sesuatu...
Setelah aku udah ganti baju rumahan, tiba-tiba ayah dateng bawain salep pegel linu.. wah pas banget nih,,, beneran badan aku lagi linu-linu...
Langsung dah si bunda meraih salep tadi dari tangan ayah yang baru membuka kardus kecil kemasan salep tadi... tutup salep diputar dan dibuka, tapi eh ternyata tuh salep belum ada lubangnya di bagian depan, jadi masih mampet gitu kemasannya... lalu ayah langsung pergi mengambil sesuatu ke dalam rumah.
Sembari menunggu ayah, bunda nyoba nusuk-nusuk tuh bakal lobang pake’ kuku dia biar lobang (kuku cewe’ kan panjang-panjang gan)... aku cuma ngeliatin aja, kar’na aku juga kaga mudeng ama yang kaya’ begituan... setau aku pakek balsem kan bisa kalo buat urut-urut badan... Bunda aku pun menyerah dan langsung berteriak memanggil-manggil ayah supaya cepat membantu... namun bantuan ‘tak kunjung datang... kemana ya ayah?.. 
bunda masih mencoba menemukan cara membuka salep tadi... dia mengamati salep dengan seksama dan hati-hati.. dia juga mencoba membaca petunjuk yang ada di kemasan salep, namun dia tidak bisa membacanya kar’na tulisan itu emang kaga bisa kebaca, alias kecil-kecil dan berbahasa inggris... dan akhirnya,,, bunda nemuin cara membukanya, yaitu dengan membuka lipatan kemasan di bagian ekor salep... hal ini benar-benar dilakukan dan akhirnya salep pun bisa keluar lewat belakang... [KEBODOHAN I : tidak rapi dan boros]
Bunda : “Ngene wae kok angel” (gini aja kok susah), sambil mengeluarkan isi salep ke jari telunjuknya.
‘tak lama kemudian ayah pun datang membawa sesuatu bantuan yaitu sebuah “jarum”... (memang mencari jarum itu butuh waktu lama banget, apalagi kalo di dalam jemari, eh jerami, hehe).
Ayah : “Loh kok dibolong lewat mburi to bun?” (Kok dari belakang sih?)
Ibu : “Lha salahe bumpet, sampeyan yow kesuen kok yah” (biarin,,, lubangnya mampet sih, kamu juga kelamaan yah), sambil terus berusaha membesarkan lubang dan mengeluarkan isi salep.
Ayah : “kene-kene ‘tak bolong’e...” (mana sini aku lubangi), ayah meraih salep bunda dan langsung menusuk ujung salep dengan jarum tadi. [KEBODOHAN II : rapi sih, tapi terlalu irit]
Ayah : “ngene ‘kan rapi to bunnn!” (gini ‘kan lebih rapi bun), sambil menutup kembali lubang belakang yang dibuat bunda.
Bunda : “alah, rapi-rapi o tapi suwe yah.. selak melu keju sing mijeti” (halah, rapi pun kalo kelamaan ‘kan yang mau mijat juga jadi ikut pegal), sambil berjongkok dan mijat kakiku.
Aku pun menikmati pijatan bunda, sedangkan Ayah masih nyoba ngeluarin isi salep lagi ke jari telunjuknya. Namun, keluarnya sangat sedikit sekali kar’na lubangnya kekecilan (maklum, cuma setusuk jarum)... aku terus menikmati pijatan bunda yang semakin ke atas, sambil namatin Ayah yang masih nyoba gede’in lobang tadi...
Bunda : “kene salep’e meneh” (minta salepnya lagi yah), sambil nyodorin tangan ke arah ayah..
Ayah : “Mengko sik, iki jik kurang gede bolonganku” (nanti dulu, ini lubangku belum gede)
Bunda : “Lewat mburiku mau loh gede bolonganku” (lewat belakang tadi loh udah gede lubangnya)
Ayah terus menusuk-nusuk jarum tadi ke lobang sempit tadi.. Akhirnya ayah nyerah tapi terus berusaha ngeluarin isi salep sebanyak mungkin, walau keluarnya masih dikit-dikit. Ayah pun ngolesin isi salep tadi ke jari telunjuk bunda, lalu bunda ngelanjutin pijatannya ke kakiku..
Ayah masih aja penasaran, dan terus nusuk-nusuk lubang tadi hingga dalam... sedangkan aku masih mengamatinya ... lalu aku ambil kardus kecil bungkus salep tadi (iseng sih),,, di dalamnya aku nemuin tutup salep yang bentuknya semi silinder yang di lepas bunda tadi. Aku perhatikan pelan-pelan... bentuknya mencurigakan, di ujungnya ada lancip-lancipnya. Ada sebuah tonjolan yang ukurannya lumayan besar dan keras. Apa guna tonjolan ini dipasang di tutup salep ya???? 
Akhirnya aku tau, aku berdiri dan langsung meraih salep tadi dari tangan ayah. Ayah dan bunda yang kaget ngelihat tingkahku terus mengamatiku... aku ngarahin tonjolan tadi kearah lubang depan yang dibuat ayah pake’ jarum tadi. Lalu.. Blessssss..... lubang tadi semakin lebar dan tonjolan tadi masuk ke dalam. Setelah masuk, langsung aku tarik tutup tadi dari lubang salep. Lalu langsung aku tekan salep tadi dengan keburu dan akhirnya keluarlah isi salep tadi dengan banyak... [KEPINTARAN : lebih efisien waktu, tenaga, pikiran, lebih rapi, tidak boros dan tidak terlalu irit.. dan satu lagi..... sesuai prosedur]

Ayah dan bunda ku cuma bisa melongo, bengong dan bingung akan kepintaranku ....


sumber

0 komentar:

Posting Komentar