banner ads banner ads banner ads banner ads

Selasa, 13 Maret 2012

"Indonesia Jagonya Bakso"

Bila Jerman menjadi kiblat mutu dan variasi sosis, Indonesia boleh berbangga dengan pengakuan kualitas bakso. Indonesia dikatakan jagonya bakso.

"Kalau bicara bakso, Indonesia lah jagoannya, bakso yang terbuat dari daging pastinya," kata Haniwar Syarif, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Pengolahan Daging Indonesia.


Dikatakannya, kunci kenikmatan bakso ada pada campuran bahan-bahan yang digunakan. Bakso dibuat dari daging yang dihancurkan kemudian diberi tepung tapioka. Makin banyak daging, maka makin terasa keasliannya.

“Tapi, saya berani jamin semua pakai daging. Kalau (bakso untuk) kelas bawah, mungkin saja pakai jantung," tambahnya.

Soal pemilihan tepung tapioka sebagai campuran utama daging, Haniwar mengatakan bahwa ini adalah pilihan tepat untuk memberi cita rasa nikmat pada bakso. Bisa saja menggunakan tepung lainnya, tapi cita rasanya jadi berbeda. Selain itu, adonan juga akan lebih sulit kalis dan dibentuk ketimbang menggunakan tepung tapioka.

Haniwar menyarankan, bila ingin mengolah bakso atau hendak dikonsumsi, sebelumnya bakso harus terlebih dahulu ditaruh di dalam lemari pendingin. "Karena bakso terbuat dari daging, maka sebaiknya bakso disimpan dalam kondisi beku sebelum direbus untuk dikonsumsi. Ini untuk menjaga temperatur agar bakso terjaga kualitasnya dan tidak tercemar bakteri," tutupnya.



sumber

0 komentar:

Posting Komentar