banner ads banner ads banner ads banner ads

Sabtu, 17 Maret 2012

Petar Minta Wasit Fairplay

Poin kemenangan atau minimal seri, menjadi kewajiban bagi PSM Makassar jika ingin tetap menjaga peluang untuk nangkring di papan atas klasemen saat putaran pertama berakhir. Misi yang tak mudah, karena untuk mewujudkan itu, PSM Makassar harus melewati hadangan Arema Malang pada lanjutan laga Indonesia Premier League.

Jalan pun semakin terjal, lantaran Pasukan Ramang bertindak selaku tamu. Tak pelak, faktor teknis dan nonteknis menjadi penentu berhasilnya poin diraih atau tidak. Termasuk soal wasit yang akan memimpin pertandingan.

Pelatih kepala PSM Makassar Petar Segrt pun meminta kepada wasit yang akan memimpin pertandingan kontra Arema Malang sore ini, dapat bertindak fairplay. Dalam dua partai tandang, Petar menilai dalam dua laga tandang terakhir, timnya kerap diperlakukan tidak adil oleh wasit. Dua laga tersebut yakni saat tandang ke Persibo Bojonegoro dan Persiraja Banda Aceh.

Petar berharap agar kali ini sang pengadil bisa memimpin pertandingan dengan baik. "Sangat susah mau main maksimal, kalau wasit selalu memihak tuan rumah. Besok (hari ini) semoga kali ini kami dapat empat wasit yang sama bagusnya," tandas Petar di sela-sela uji lapangan Stadion Gajayana Malang, kemarin.
Menurut Petar, satu hal penting yang harus dilakukan untuk memajukan sepak bola adalah dengan memiliki wasit yang bagus. Sepak bola, lanjut Petar, merupakan olahraga yang menjunjung tinggi nilai sportifitas.

"Makanya kejujuran itu penting. Hasil pertandingan memang penting, tapi pertandingan yang fair play itu jauh lebih penting," sambung mantan pelatih Bali Devata FC ini.

Selain meminta wasit fairplay, Petar juga meminta agar match komisioner peka terhadap situasi pertandingan. "Jika ada reaksi berlebihan dari penonton, saya harap match com bisa segera menghentikan pertandingan. Waktu di Aceh, kami dilempari tapi match com tidak peduli," ujar Petar.

Ungkapan sama juga dilontarkan Muhammad Azwar, bek kanan tim Juku Eja. Menurut jebolan timnas U 23 ini, faktor kepemimpinan wasit menjadi yang paling penting dalam suatu pertandingan. Harapan agar wasit memimpin dengan baik pun terlontar dari Azwar.

"Kalau wasit bagus, kami yakin permainan akan berjalan menarik. Kalau kalah pun tak masalah, asal pertandingan fair play," tukas Azwar.

Sang kapten tim Andi Oddang juga menyuarakan hal yang sama. Bagi pemain paling senior di skuad Pasukan Ramang ini, wasit yang memimpin dengan baik, akan meningkatkan kualitas pertandingan. "Wasit bagus, pasti pertandingan berjalan menarik. Tidak ada tim yang tertekan dan permainan pasti menghibur," tandas sang kapten.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar